Merencanakan Ulang Tahun Pertama Anak

20130729-223521.jpg

Ulang tahun pertama anak adalah milestone tersendiri untuk para orang tua. Setahun penuh menjadi orang tua, bertanggung jawab dan mengasuh manusia kecil yang lahir dari rahim sang ibu. Amazing. Kalau diingat, salah satunya dengan bantuan gallery foto di facebook, bisa terlihat perkembangan bayi dari new born hingga satu tahun. Banyak sekali hal yang terjadi. Terutama untuk anak pertama.

Mengapa? Karena dengan anak pertama kita merasakan semuanya. Kita dari tidak tahu, tidak mengerti, dan takut, perlahan menjadi tenang dan yakin dalam menghadapi anak kita sendiri. Awalnya bingung: bagaimana ini cara menggendong bayi? Mandinya berapa kali sehari? Kasih susunya bagaimana? Kapan mulai solid food? Kok belum merangkak juga sih dia? Giginya udah dua bulan baru dua terus? Jalan-jalan pakai stroller atau baby sling ya? Beli baby walker ga ya? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang muncul. Sebagian besar murni didorong rasa tidak percaya diri dan insecure atas apa yang kita lakukan. Belum lagi kalau anak kita sakit demam atau diare. Waduuuh..!

Lalu tibalah ulang tahun pertamanya. Wow! Anakku sudah satu tahun! Tidak percaya sudah satu tahun kita bersama anak kita dan sekarang ia sudah bisa berdiri walau tidak tegak, sudah bisa berjalan atau merangkak. Tapi walau begitu dia masih awam atas apa yang terjadi di sekitarnya. Dia sudah bisa mengenal orang-orang terdekat tapi masih belum paham who’s who nya kecuali kedua orang tua.

Jadi, ulang tahun pertama anak itu bukanlah untuk sang anak melainkan untuk orang tuanya. Untuk merayakan dan mensyukuri kehadiran sang anak dan kemampuan tersembunyi kita sebagai orang tua. Karena sebelumnya siapa yang tahu? Beda kasus untuk anak kedua dan berikutnya, lho.

Apa sebaiknya isi ultah pertama anak? Undang semua orang yang kita kenal, keluarga, teman, dan kolega. Karena mereka semua yang telah tanpa disadari membantu kita hingga bisa membesarkan anak. Keluarga kita selalu memberi dukungan dan bantuan, teman kita sering memberi saran dan ide, dan kolega kita sering menanyakan apa kabar anak. Tanpa kita sadari sudah memberi motivasi kepada kita. Sepatutnya kita merayakan milestone kita tersebut dengan mereka semua.

Perlukah pesta meriah dengan banyak acara anak-anak? Kalau tamu yang kita undang termasuk anak-anak yang lebih besar dari anak kita, ya tentunya sudah pasti mereka butuh hiburan seru dan aktif. Kalau tamunya anak-anak bayi juga atau balita, tidak perlu banyak hiburan, tapi siapkan arena bermain dan beberapa dekorasi menarik seperti balon. Jadi, siapkan hiburan yang sesuai dengan tamu yang hadir.

Lalu apa untuk anak kita? Karena mereka masih sangat kecil dan kecil kemungkinan untuk bisa mengingat semua yang terjadi pada ultah pertamanya, jadi jangan terlalu fokus untuk mengikutsertakan dia ke kegiatan di ultahnya. Bagusnya siapkan memento untuk anak kita supaya bisa dinikmati atau dibaca pada saat ia bisa mengerti dan menghargai. Ada beberapa ide yang bisa dicoba:

  • Buat video pesan dan nasihat dari para tamu yang hadir. Video bisa direkam sendiri atau minta bantuan profesional supaya bisa di-edit sesuai selera. Pastikan semua tamu menyebutkan nama mereka dan bagaimana mereka bisa kenal dengan kita (adik, kakak, paman, bibi, tetangga, rekan kerja, dll).
  • Scrapbooking dengan cara meminta semua tamu untuk mengisi kertas yang telah kita sediakan dan menuliskan apa saja yang ingin dijadikan pesan kepada anak kita nanti. Modal yang dibutuhkan adalah kertas warna-warni untuk menulis seperti kertas concord dan spidol serta stiker atau stempel berbentuk rupa-rupa hewan.
  • Menghias dinding atau kamar anak bersama-sama dengan para tamu. Siapkan tembok khusus dilapis wallpaper polos dan persilahkan tamu menulis atau menggambar apapun yang mereka inginkan sebagai pesan positif untuk anak kita. Lalu setiap tamu membubuhkan tanda tangannya di akhir tulisan mereka.
  • Tanam pohon bersama. Pilih bibit pohon yang kuat dan tahan lama, lalu bersama dengan para tamu, saling bantu menanam bibit tersebut. Setelah bibit tertanam, berilah nama pohon tersebut dan tuliskan disebuah papan lengkap dengan nama-nama para penanam. Ajak anak kita untuk menyiram dan merawat pohon tersebut hingga akhirnya anak kita beserta pohonnya tumbuh besar.
  • Time capsule. Semua tamu membawa hadiah yang nantinya akan disimpan dalam sebuah peti atau kotak yang akan dibuka pada saat anak kita besar nanti.

Ide-ide lainnya tentu ada namun ide-ide diatas saya sebutkan sebagai contoh saja. Bisa juga ide satu dan lainnya dicampur. Untuk ultah anak pertama saya sendiri saya campurkan antara scrapbook dan time capsule. Semua yang dibuat atau dibawa oleh para tamu akan diberikan pada saat usia anak saya 18 tahun. Kebetulan saat ini kami sedang merantau jauh dari Indonesia. Jadi, semua kenangan yang nantinya anak saya buka pada usia 18 adalah kenangan babak kehidupan keluarga kami di negara Belanda, beserta teman-teman yang kami kenal selama tinggal disini. Mungkin suatu saat nanti anak saya melanglang buana mengunjungi satu per satu orang-orang yang sudah meninggalkan pesan untuknya.

20130729-223802.jpg

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s