Pengalaman Ngabuburit di luar rumah

Minggu lalu, saya penasaran coba ngabuburit plus buka puasa di luar, eh ternyata toko dan resto sebagian besar sudah pada tutup. Padahal langit masih terang benderang. Beginilah nasib orang ‘baru’ di daerah yang totally different from where they came from. Di Amsterdam, walaupun jam sudah menunjukkan pukul 8 malam, langit masih cerah ceria (kalau tidak hujan, tentunya). Cuaca disini juga totally moody. Kadang cerah, lalu tiba-tiba hujan rintik-rintik, lalu cerah lagi, kemudian mendung, hujan deras, cerah lagi, malah kadang mataharinya terik, dan.. Entah kenapa hujan lagi. Dan begitu terus iterasinya sampai berganti hari.

Nah, melihat langit masih cerah, saya pun bersemangat untuk jalan keluar. Rencana buka puasa di luar nyaris gagal ketika melihat toko-toko sudah tutup. Ya tentu saja, saya kan keluarnya jam 7 malam. Toko disini umumnya tutup jam 6 malam, kecuali gerai fast food seperti McDonalds, Burger King, atau lokal punya Hema, Febo, dan Albert Heijn. Yang lokal punya ada gerai khusus yang kasih injury time sampai jam 8, tapi ada juga yang lebih malam lagi namun hanya gerai tertentu saja. Padahal rencananya mau ngabuburit sambil window shopping tapi ternyata semua tokonya sudah tutup.

Karena belum gelap, kami pun jalan-jalan menyusuri pertokoan Kalverstraat yang sepi… karena sudah pada tutup. Suhu waktu kami keluar rumah sekitar 17 derajat celcius, tapi di tengah jalan hujan turun beberapa kali. Dan selepas berbuka, hujan turun lagi, kadang deras kadang tidak. Begitu melihat keterangan suhu, rupanya sudah menjadi 7 derajat celcius! Disana temperatur yang terbaca belum tentu yang terasa, jadi bisa saja angka menunjukkan 17 derajat Celcius, tapi berasanya seperti 7 derahat Celcius. Tidak tahu kenapa, walau pasti ada alasannya sih.

Karena punya pengalaman begitu, niat ngabuburit dan berbuka puasa di luar saya pun jadi drop. Nanti, kalau masih mau buka dengan makanan beli, ya, beli saja dulu makanannya baru dibawa pulang untuk dihangatkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s