Aktivitas bersama anak

Sudah lebih dari dua tahun, saya cuti setiap Jumat. Setiap Jumat saya luangkan khusus untuk anak-anak, no work and nothing to do with work. I get to spend every Fridays with my kids at home, turn my Blackberry (say what, in 2014? I know, right?!) off so no calls or emails coming in (I’d turn it on at the end of Friday evening, however, just for a quick check). I took this unpaid leave called parental leave or ouderschapsverlof, which you can read over here.

Selama hampir setahun pertama, saya tidak tahu apa yang bisa dilakukan bersama anak. Apalagi si sulung saat itu masih berusia satu tahun, masih kecil untuk melakukan kegiatan, menurut saya kala itu. So, ujung-ujungnya kami hanya menghabiskan waktu sambil menonton televisi. Quality time terbuang hanya dengan tv… lalu datang iPad, habislah waktu bersama. Semenjak setahun lalu, saya bertekad tidak mau menghabiskan waktu anak saya dengan iPad, at least tidak untuk hari Jumat. So, setiap Kamis, saya sibuk merencanakan sesuatu untuk kami lakukan di hari Jumat.

  1. Mengunjungi museum. Amsterdam punya 75 museum, yang walau tidak semuanya layak untuk anak-anak, namum sebagian bisa dikunjungi bahkan punya program khusus untuk anak.
  2. Mengunjungi kebun binatang.
  3. Berenang. Kalau hari cerah atau bahkan panas sekali, waktunya untuk berkunjung ke kolam renang. Bisa kolam renang khusus atau kolam dangkal yang banyak tersedia di taman-taman umum, biasanya sih cuman untuk ciprat-cipratan saja atau basah-basahan supaya tidak gerah. 
  4. Playdate. Buat janji dengan teman dan anaknya untuk bermain bersama. Di saat anak-anak sibuk bermain bersama, ibu-ibunya bisa menikmati obrolan santai sambil menikmati cemilan.
  5. Baking and decorate the baked goods. Masak kue kering atau kue kecil seperti cupcake, muffin atau pop cakes. Setelah kue kering, biarkan anak kita menghias kue menggunakan pewarna kue, gula warna-warni, meses, glitter dan sebagainya. Tentu yang aman untuk dimakan ya.
  6. Menonton film di bioskop. Yang ini masih susah direalisasikan karena si Ade masih kecil dan belum boleh masuk bioskop. Ini hanya kalau si Papa ada di rumah dan jaga si Ade. Sayangnya biasanya itu weekend, bukan di hari Jumat.
  7. Jalan-jalan. Mulai dari rumah, lalu tentukan arah berikutnya. Mau lurus, kiri, atau kanan? Lanjutkan seterusnya, sampai akhirnya balik lagi ke rumah. Siapa tahu di tengah jalan nemu taman bermain atau tempat jualan snack yang enak? Untuk jaga-jaga, bawa snack dan minuman dari rumah.
  8. Bermain di taman. Dari pagi/siang hingga petang hari bermain di taman. Bawa snack, makan siang, dan minuman dari rumah. Cari lokasi yang nyaman untuk duduk dan bersantai, lalu biarkan anak bermain-main di sekitar taman.
  9. Lunch outing. Keluar rumah khusus untuk cari makan siang. Kalau semua happy, bisa jalan rada jauh ke centrum untuk cari cupcakes atau pizza. Kalau tidak ya McDonald’s dekat rumah juga bisa, atau brasserie dan lunchroom depan rumah.
  10. Bus/tram outing. Biar anak-anak yang pilih, mau tram atau bus. Lalu kita berangkat dari situ. DO NOT let’s get lost😀
  11. Sesi kerajinan tangan di rumah. Kalau di luar hujan atau mama sedang tidak enak badan, mari kita spend waktu prakarya di rumah. Siapkan kertas, pensil bewarna, crayon, spidol, glitter, lem, sticker, dsb lalu buat apa saja yang kita mau. Bisa juga Mama print gambar dari internet dan biarkan anak mewarnai.
  12. Skype Grandma
  13. Membaca buku
  14. Belanja mingguan
  15. Bermain di indoor playground

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s